Rabu, 15 Februari 2012

PERTANIAN TEMBAKAU
Proses awal penanaman tembakau Mula-mula benih tembakau di semei. tunggu sekitar 35 hari,setelah itu pindahkan ke tempat(lahan) yang semestinya.
Cara pemuupukan dan perawatan Pemupukan pertama di lakukan setelah tembakau berumur 15 hari. Perawatan cukup dengan di siram 3 hari sekali selama 2-3 minggu dan jaga tanah tetap bersih dari rumput. • Hama dan penyakit Ulat dan belalang=memakan daun Cabuk=membuat daun yang akan tumbuh menjadi kurang sehat (keriting) • Pengobatan dan penanggulangan Untuk mengatasi hama dan penyakit tsb, di lakukan penyemprotan di pagi dan sore hari dengan menggunakan insertisida. Lakukan perawatan rutin sampai pucuk tembakau keluar bunga ,yang pertanda daun sudah tua(siap di panen) kurang lebih berumur 100 harian. • Tahap pemetikan dan penimbunan Pemetikan di lakukan ketika daun sudah menguning(sudah tua), agar lebih cepat masak. Setelah daun dipetik akan disimpan(ditimbun) selama kurang lebih 3 hari sampai daun benar-benar sudah masak,setelah itu dilakukan pemilihan.
Proses pemilihan Sebelum di rajang ,daun harus dipilih terlebih dulu, yang sudah masak dan yang masih hijau. Daun yang sudah masak masih harus dipilih menjadi daun yang berwarna kuning dan yang coklat. Warna(coklat kehitaman dan kuing kemerahan) dan ukuran tergantung oleh permintaan pembeli .
Sebelum melakukan perajangan,periksa dahulu mesin dan pisaunya, apabila ada kerusakan atau gangguan, dan pastikan pisau sudah tajam.
Proses perajangan Daun yang sudah dipilih kemudian dirajang dengan menggunakan mesin perajang khusus untuk daun tembakau dan dilakukan mlalam hari. Mula-mula daun di tata rapi, setelah itu daun mulai dirajang ,kemudian hasil rajangan di campur dengan campuran yang telah disediakan. • Proses penjemuran dan pengelesan hasil rajangan Rajangan yang telah di campur akan di ratakan di atas widik, setelah itu widik di pindah dan di tata rapi di tempat terbuka dan luas, agar mendapat sinar matahari. Penjemuran pertama sampai jam 11 siang, setelah itu di balik ,agar rajangan kering merata. Sore hari tembakau akan di tumpuk jadikan satu.
Pengelesan menggunakan rajangan kemarin yang sudah kering. Pengelesan bertujuan agar rajangan daun tembakau tidak hancur saat di gulung. • Tahap akhir Tembakau yang sudah eles,akan digulung di plastik dan di ikat
Rajangan tembakau telah jadi (siap jual)...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar